BBAF

MEDIA
UPDATE

Installation Art


Installation Art ”Gurita Raksasa” (MURI)


Berbeda dengan even pertama yang memecahkan rekor Muri dengan sajian Cak Konser Kolosal 5.555 siswa SMU dan SMK sekabupaten Badung, yang telah menuai kesuksesan dan astungkara berjalan dengan baik. Untuk Brawa Beach Arts Festival tahun 2019 yang mengangkat tema Pasisi Lango: ”Deep Blue Spirit”, kami berusaha membuat terobosan baru dibalik sensasi Muri dengan kategori kolosal( superlatif) yang semakin manjadi ’latah’ belakangan ini.

Kami menghadirkan konsep baru yaitu memecahkan rekor Muri dengan kategori yang lain yaitu, karya seni unik dan gigantik/terbesar dengan membuat karya instalasi gigantik yang mengangkat binatang laut Gurita. Gurita adalah binatang laut yang lekat dengan kehidupan masyarakat menjadi bahan olahan yang lezat masyarakat Tibubeneng diolah menjadi lawar, sate dan sebagainya.

Gurita juga lekat dengan simbol binatang yang identik dengan monster dari laut seperti digambarkan sebagai Kraken dalam film Bajak Laut di lautan Caribia ”Pirate of Caribian”. Dipilihnya gurita karena keunikannya, di satu sisi lekat dengan binatang yang ringkih tidak terlalu kuat, namun pada sisi lain juga merepresentasikan binatang sebagai monster laut yang menyeramkan. Dalam makna lainnya yang ingin di tampilkan bagaimana spirit dasar laut di bawa untuk menggaungkan kepedulian kita kedepannya terhadap potensi laut kita yang semakin hari semakin tercemarkan dan semakin hari semakin polutan jangan sampai dasar laut marah sehingga membawa kesengsaraan buat umat manusia. Dengan datangnya gurita raksasa ke pesisir yang tujuannya untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian laut.

Dengan keunikannya itulah yang menjadikan festival yang ke dua ini mengangkat Gurita sebagai simbol untuk merepresentasikan spirit kesadaran dari dalam lautan (Deep Blue Spirit). Konsep tema ini diterjemahkan ke dalam kehadiran Gurita Raksasa yang memenuhi areal Pura Perancak yang menjadi lokasi pelaksanaan festival. Kehadiran Gurita gigantik pada bagian kepalanya akan menjadi bagian dari panggung utama, tentakel-tentakelnya menjadi bagian dari stand-stand boot festival, area parkir dan lainnya. Gurita menjadi brand simbolik dari even dan sekaligus akan menjadi pengajuan untuk perolehan rekor Muri mengambil kategori karya seni unik dan gigantik/terbesar.

find out more about the event from the below calendar


SCHEDULE